Audiensi dengan Wakil Bupati Sleman

Pada hari Rabu, tanggal 28 Februari 2015, pengurus dan anggota Masyarakat Pecinta Medang menghadap wakil Bupati Sleman, Ibu Hj. Yuni Satia Rahayu SS MHum, di kantornya di gedung Pemerintah Daerah Sleman. Audiensi bertujuan untuk memperkenalkan visi dan misi organisasi Masyarakat Pecinta Warisan Medang, dan membahas kemungkinan kerjasama antara Pemerintah Daerah Sleman dan Masyarakat Pecinta Warisan Medang dalam upaya penyuluhan dan perlindungan peninggalan Medang di kabupaten Sleman.

Wakil Bupati mempunyai perhatian besar dalam upaya perlindungan  dan pelestarian peninggalan sejarah/arkeologi terutama dari jaman Medang yang banyak ditemukan di daerah Sleman. Paling tidak ada 77 situs arkeologi yang  berupa candi atau barang peninggalan Medang yang lain di kabupaten Sleman. Beliau sangat  mendukung ide Masyarakat Pecinta Warisan Medang  dan langsung  memberikan arahan  kepada  perwakilan Dinas Budaya dan Pariwisata ( Bapak Siswanto), Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga ( diwakili Bapak Dira ) dan Kepala Kantor Kementerian  Agama ( Drs.HM  Lutfi Hamid M.Ag).

  • Memperkenalkan peninggalan Medang dalam kurikulum sekolah
  • Melakukan penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat sekitar lokasi candi/situs agar bisa ikut mendapat manfaat dan ikut berperan serta dalam perlindungan peninggalan budaya.

Sebagai tindak lanjut dari pembicaraan dengan ibu Yuni, maka disepakati,

  • Pada tanggal 2 Februari 2015, Masyarakat Pecinta Warisan Medang diminta memberikan ceramah penyuluhan mengenai Sejarah Medang dan Peninggalan Medang di kabupaten Sleman, kepada kepala kepala sekolah dibawah wewenang Kementerian Agama Sleman.
  • Dinas Pendidikan, Pemudah dan Olah Raga akan menyelenggarakan diskusi & penyuluhan di kalangan MGMP Sejarah Kabupaten Sleman dengan mengundang pembicara dari Masyarakat Pecinta Warisan Medang.
  • Dinas Budaya dan Pariwisata akan membuat rencana pemberdayaan masyarakat di sekitar candi/situs di kabupaten Sleman.

Masyarakat Pecinta Warisan Medang akan membuat materi materi penyuluhan (slide atau audiovisual) mengenai peninggalan Medang di kabupaten Sleman. Dalam pertemuan ini Masyarakat Pecinta Warisan Medang diwakili oleh Dr. Budiono Santoso (Ketua), Dr. Riboet Darmo Soetopo ( Penasehat), Drs Agus Waluya MHUM (Wakil ketua), Endah Palupi SS (Sekjen), Susana Yuni Kuswanti SS (Wakil Sekjen), Fajar Nugroho (Publikasi) dan  Yogi Piskonata dari AMIKOM.  Kegiatan serupa dalam upaya melacak peninggalan Peradaban Medang juga akan dilakukan dengan pemerintah daerah dan pemanggku kepentingan di kabupaten kabupaten daerah Medang.

Yogyakarta, 28 Januari 2015
Dr. Budiono Santoso
Masyarakat Pecinta Warisan Medang

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*