Daftar Kegiatan 2013-2014

Kegiatan 2013/2014 yang telah dilaksanakan

Masyarakat Pecinta Warisam Medang (Medang Heritage Society)
(sampai dengan bulan Agustus 2014)

 

 

Nama kegiatan, tempat dan tanggal kegiatan Hasil/kesepakatan/catatan tindak lanjut
 

1.      Seminar Perdana & Rencana Pendirian Masyarakat Pecinta Warisan Medang, Gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasumantri , Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 29 April 2013.

 

–        Dihadiri kurang lebih 50 orang peserta, staf dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada, dan para peminat sejarah Medang.

 

–        Pertemuan  menyepakati untuk (1) Mendirikan Masyarakat Pecinta Warisan Medang yang bertujuan untuk melakukan pengkajian multidisipliner, mengumpulkan dan menyebarluaskan informasi, serta melakukan penyuluhan dalam upaya pelestarian dan perlindungan warisan kebudayaan dan peninggalan peradaban Medang, dan (2) Menunjuk kelompok formatir yang ditugaskan membentuk Pengurus Masyarakat Pecinta Warisan Medang.

 

–        Formatir terdiri dari Prof. Dr. Ir. Soenjoto, Prof. Dr. Umar Anggara Jenie, Prof. Dr. KRT. Adi Heru Husodo, Dr. Mahirta Sasongko, Dr. Budiono Santoso PhD dan Dra. Niken Wirasanti MSi.

 

2.      Rapat Tim Formatur untuk pembentukan pengurus Masyarakat Pecinta Warisan Medang, di ruang rapat gedung BRI, Jalan Cik Ditiro, Yogyakarta, tanggal 15 Mei 2013.

 

–        Membentuk usulan  susunan pengurus lengkap Masyarakat Pecinta Warisan Medang untuk diedarkan di kalangan peminat terutama yang hadir dalam seminar tanggal 29 April 2013.

–        Usulan susunan pengurus terlampir di Lampiran 1.

 

3.      Rapat Pengurus untuk membuat rencana kerja jangka pendek, di Pusat Studi Lahan Universitas Gadjah Mada, Kompleks Kuningan, 14 Juni 2013.

 

–        Menyusun rencana kegiatan jangka pendek Masyarakat Pecinta Warisan Medang untuk disebarluaskan di kalangan pengurus.

–        Rencana kegiatan jangka pendek terlampir di Lampiran 2.

 

4.      Acara talkshow di YogyaTV untuk sosialisasi Sejarah dan Peradaban Medang dan Masyarakat Pecinta Warisan Medang, pada hari Senin, tanggal 10 Juni 2014

 

–        Masyarakat Pecinta Warisan Medang diwakili oleh Dr. Budiono Santoso (Ketua), Prof. Dr. KRT. ADi Heru Husodo (Sekretaris Jendral) dan Dr. Riboet Darmosoetopo (Penasehat).

–        Bisa dilihat di youtube
http://www.youtube.com/watch?v=jnB0ZRbWr7c&feature=youtu.be

 

 

5.      Membuat web untuk informasi mengenai Sejarah Medang dan Masyarakat Pecinta Warisan Medang, 12 Mei 2013.

 

 

–        Dibuat oleh Drs. Sudarto HS ( Ki Demang Sokowaten)

 

–        www.medang.org

 

 

6.      Diskusi/seminar internal untuk anggota Masyarakat Pecinta Warisan Medang, dengan topik Sejarah Ringkas Medang, disampaikan oleh Drs. Slamet Pinardi MHum, di ruang pertemuan Pusat Studi Lahan Universitas Gadjah Mada, kompleks Kuningan, tanggal 16 Juli 2013.

 

 

–        Masih banyak informasi mengenai sejarah dan peradaban medang yang perlu digali, dikaji secara ilmiah dan disebarluaskan

–        Disepakati untuk menyelenggarakan diskusi/seminar internal secara rutin dua bulan sekali

 

7.      Diskusi internal diantara anggota mengenai Pemulangan Kembali Kekayaan Budaya, dengan pembicara Drs. Tular Sudarmadi MA (dosen FIB UGM),   di ruang pertemuan Pusat Studi Lahan Universitas Gadjah Mada, kompleks Kuningan, tanggal 20 September 2013.

 

–        Dibahas tentang sejarah pengangkutan kekayaan budaya Nusantara ke luar negeri.

–        Perjanjian yang berkaitan dengan pemulangan kekayaan budaya antara Indonesia dengan negara lain hanya ada dengan beberapa negara saja seperti Belanda.

–        Pemulangan kekayaan budaya memerlukan negosiasi panjang menyangkut aspek historis, politis dan hokum antar negara, serta kesiapan untuk menerima dan mengelola lebih lanjut harta budaya yang dipulangkan.

 

8.      Seminar & Penyuluhan Warisan Budaya dan Peninggalan Peradaban Medang di kecamatan Mojolaban, Sukoharjo, Solo, 19 Agustus 2013.

 

–        Dihadiri oleh Kepala Sekolah seluruh kecamatan Mojolaban, berjumlah sekitar 50 orang.

–        Dibagikan buku Bunga Rampai Warisan Leluhur – Candi di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, yang diterbitkan oleh Masyarakat Pecinta Warisan Medang.

–        Seminar disponsori oleh Dr. Endang Johani SpM dan Masyarakat Pecinta Warisan Medang dan Mantan Mahasiswa Compleks Ngaseum (MamaConga).

–        Seminar sosialisasi akan digelar di berbagai kota.

 

9.      Pertemuan sosialisasi Penyuluhan Warisan Kebudayaan dan Peninggalan Peradaban Medang, Surakarta, 24 Agustus 2013.

 

–        Diselenggarakan oleh  Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta, bekerja sama dengan YASATRI (Yayasan Saworo Tino Triatmo), MamaConga (Mantan Mahasiswa Compleks Ngasem, FKUGM Yogyakarta), dan Masyarakat Pecinta Warisan Medang.

–        Digabung dengan penyuluhan “ Pencegahan Kekerasan di Lingkungan Sekolah”

–        Masyarakat Pecinta Warisan Medang, diwakili oleh Dr. Riboet Darmosoetopo yang memperkenalkan peradaban dan kebudayaan Medang yang disampaikan oleh Dr. Riboet Darmosoetopo dengan makalah berjudul Pendidikan Moral dari Relief yang Ada di candi-candi, dan Dr. Budiono Santoso yang memperkenalkan organisasi Masyarakat Pecinta Warisan Medang.

–        Peserta adalah 150 guru se kota Surakarta. Dalam kesempatan tersebut disampaikan Buku Bunga Rampai Warisan Budaya Leluhur – Candi di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, karya Dr. FX Sardjono kepada seluruh perwakilan guru se Kota Surakarta.

–        Ada sebuah pertanyaan menarik terkait dengan bagaimana bentuk pengasuhan anak di masa Medang. Ada relief di candi Borobudur yang menggambarkan pengasuhan anak.

–        Sponsor adalah Dr. Muhamad Munawar, ahli jantung, MamaConga (Mantan Mahasiswa Compleks Ngasem), YASATRI dan Masyarakat Pecinta Warisan Medang.

 

 

10.   Pertemuan sosialisasi Sejarah Medang dan Masyarakat Pecinta Warisan Medang, untuk kepala kepala sekolah SMP di kabupaten Semarang, bertempat di SMPN 2 Ambarawa, 30 Nopember 2013.

–        Diselenggarakan oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Semarang dan Masyarakat Pecinta Medang, dan dihadiri oleh 30 kepala sekolah dari daerah Ambarawa, Salatiga dan Kabupaten Semarang.

–        Dibuka oleh Ketua MKKS Kabupaten Semarang ( Drs. Bambang), Kepala Sekolah SMPN 2 Ambarawa (Drs. Kabul Budi Utomo) dan Ketua Masyarakat Pecinta Warisan Medang (Dr. Budiono Santoso).

–        Dua pokok dibahas dalam pertemuan, yakni “Jaman Medang – Awal Kebangkitan Teknologi dan Ilmu Pengetahuan Nusantara” (Ir. Hadiwaratama MSc E) dan ” Medang & Masyarakat Pecinta Warisan Medang ” (Dr. Budiono Santoso PhD).

–        Diskusi hangat mengenai pentingnya dan upaya untuk memperkenalkan budaya Nusantara dalam pendidikan generasi muda. Peserta sepakat mengenai perlunya meninjau kembali kebijakan pendidikan, untuk memasukkan kembali pelajaran buadaya dan bahasa daerah dalam kurikulum pendidikan.

 

 

11.   Pertemuan Sosialisasi Sejarah Medang dan Masyarakat Pecinta Warisan Medang,  di Purbalingga, 30 Januari 2014

 

–        Di Bertempat di cafe Iwak, Purbalingga, pada hari Kamis tanggal 30 Januari 2014, telah diselenggarakan Temu Rembug Sejarah Medang dan Purbalingga, dengan melibatkan MGMP Sejarah Kabupaten Purbalingga, Komunitas Sejarah dan Budaya Purbalingga, dan Masyarakat Pecinta Warisan Medang .

–        Tuan rumah pertemuan ini adalah Dr. FX Sardjono Sp A (Pengurus MHS). Temu rembug dimaksudkan untuk membahas tentang sejarah Medang dan sejarah Purbalingga, sekaligus sosialisasi Masyarakat Pecinta Warisan Medang dan pembagian buku Bunga Rampai Warisan Leluhur – Candi di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

–        Dihadiri oleh lebih 30 orang, para guru sejarah anggota MGMP Purbalingga, dan anggota Komunitas Sejarah dan Budaya Medang.

–        Sambutan pembukaan oleh Drs. Arifin (Ketua MGMP Purbalingga) dan Drs Hadi Purwanto ( Sekretaris Komunitas Sejarah dan Budaya Purbalingga). Penyajian diberikan oleh Dr. Budiono Santoso ( Ki Ageng Similikithi), Dr. FX. Sardjono dan Bpk. Triatmo (penulis mengenai Sejarah Purbalingga).

–        Dari diskusi selama pertemuan, nampak jelas antusiasme para guru tentang sejarah Medang, namun informasi tentang sejarah Medang masih minim, dan kalau adapun sering tidak mencerminkan fakta sejarah yang ada. Tantangan untuk Masyarakat Pecinta Warisan Medang untuk membuat dokumen berisi informasi tentang sejarah Medang secara obyektif..

 

12.  Seminar Pranata Sosial Panunggalan dan Bedah Buku “Bunga Rampai Warisan Leluhur – Candi di Jawa Tengah dan daerah Istimewa Yogyakarta, Gedung Masri Singarimbun, Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Publik, Kampus Universitas Gadjah Mada, 15 Maret 2014.

 

 

1.      Dihadiri oleh kurang lebih 50 peserta anggota Masyarakat Pecinta Warisan Medang, komunitas Kejawen dan peminat sejarah dan peradaban Medang.

2.      Tampil 3 pembicara, yakni Ki Sondong Mandali yang membahas tentang Pranata Sosial Panunggalan dan Dr. FX Sardjono SpA dan Drs. Slamet Pinardi tentang buku Bunga Rampai Warisan Leluhur – Candi di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

3.      Perlu kajian dan publikasi ilmiah mengenai warisan kearifan lokal seperti pranata sosial Panunggalan.

 

13.   Seminar Sejarah dan Peradaban Medang – Aspek Perkembangan Teknologi dan Ilmu Pengetahuan Nusantara, di Audiitorium fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, tanggal 13 Agustus 2014

 

4.      Diselenggarakan dalam rangka peringakatn hari Kebangkitan Teknologi Nasional.

5.      Diselenggarakan atas kerjasama Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Masyarakat Pecinta Warisan Medang dan Universitas Gadjah Mada.

6.      Penyaji/pembicara yang tampil adalah Dr. Ir. Idwan Suhardi (Kemenristek),  Prof. Dr. Suratman (UGM, pembicara utama), Ir. Hadiwaratama MScE (MHS), Dr. Riboet Soetopo (MHS),  Bpk. Jaya Suprana, Drs. Marsis Sutopo MSi, Dra. DS Ania Nugrahani, Prof. Dr. Umar Anggara Jenie dan dipandu oleh Prof. Dr. KRT Adi Heru Husodo, Prof. Dr. Regina TC Tandelilin, dan Dr. Santoso Budiono.

7.      Seminar dihadiri oleh 160 peserta yang terdiri dari guru guru, akademisi, tokoh kebudayaan dan lain lain.

8.      Salah satu tindak lanjut adalah usulan digelarnya forum diskusi reguler dengan para guru, penulisan Sejarah Medang, misi arkeologi MHS  ke Batang, Wonosobo dll

 

14.   Penerbitan buku Warisan Budaya Leluhur – Candi di Jawa Tengah dan daerah Istimewa Yogyakarta, 2013

 

 

–        Buku disusun oleh Dr. FX. Sardjono SpA, anggota pengurus harian  Masyarakat Pecinta Warisan Medang.

–        Diterbitkan oleh YASATRI( Yayasa Saworo Tino Triatmo), Mantan Mahasiswa Compleks Ngasem (MamaConga) dan Masyarakat Pecinta Warisan Medang.

–        Dengan bantuan sponsor buku didistribusikan ke sekolah sekolah di Surakarta dan di Ambarawa.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*