Masyarakat Pecinta Warisan Medang

Medang Heritage Society / Masyarakat Pecinta Warisan Medang adalah himpunan yang beranggotakan pribadi pribadi yang mempunyai minat (interest) dan keterikatan (commitment) untuk melakukan pengkajian secara keilmuan yang bersifat multidisipliner, pengumpulan dan penyebarluasan informasi serta penyuluhan untuk mendukung upaya pelestarian warisan kebudayaan dan peninggalan peradaban Medang.

Medang adalah kerajaan kuna yang terletak di wilayah (sekarang) Jawa Tengah, dan kemudian di Jawa Timur, yang berjaya antara abad ke delapan (8) sampai ke sepuluh (10). Dalam kurun waktu tersebut, telah dibangun berbagai bangunan candi yang ber-asitektur megah dan canggih dari segi teknologi, yang telah dikenal luas di seluruh dunia, seperti candi Borobudur dan candi Prambanan, sebagai salah satu wujud kemajuan teknologi pada jamannya.

Tidak dapat disangkal, bahwa pada era Medang, telah berkembang berbagai bentuk teknologi dan ilmu pengetahuan yang dimanfaatkan untuk meningkatkan peradaban , kemanusiaan dan kesejahteraan.

Alasan mengapa dibentuk Himpunan Masyarakat Pecinta Warisan Medang

Meskipun telah dikenal luas berbagai peninggalan arsitektur megah dalam bentuk candi dan bangunan bangunan lain, tetapi masih banyak aspek budaya dan peradaban yang belum diketahui dan masih memerlukan penelitian dan pengungkapan sampai kini.
Beberapa contoh misalnya, dimanakah letak ibu kota Medang. Bagaimana mereka membangun bangunan bangunan kolosal tersebut ? Bagaimana struktur sosial dan berbagai perangkat sistem publik pada waktu itu, termasuk sistem pendidikan, sistem administrasi , sistem pertanian dan pemasokan pangan, sistem pelayanan kesehatan, sistem perdagangan dan tata niaga dan sebagainya.

Secara umum masyarakat masih kurang memperoleh informasi, sehingga kurang mengerti dan kurang peduli akan warisan kebudayaan dan peninggalan peradaban Medang, dengan dampak serius. Banyak benda peninggalan yang diperdagangkan secara illegal dari waktu ke waktu, bahkan benda benda yang telah tersimpan di museum sekalipun. Pelestarian peninggalan peradaban Medang, kadang terancam karena kegiatan pembangunan di suatu wilayah, seperti pembangunan perumahan, pembuatan jalan raya, pembangunan gedung gedung modern dan sebagainya.

Dirasakan ada kebutuhan mendesak untuk melakukan pengkajian dan penelitian, pengumpulan dan penyebarluasan informasi, pendidikan dan penyuluhan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam melestarikan warisan budaya dan peninggalan peradaban Medang khususnya dan Nusantara pada umumnya. Juga tidak kalah penting adalah upaya untuk selalu mengingatkan para pemegang kebijakan di berbagai tingkat dan para professional akan pentingnya perlindungan warisan kebudayaan dan peninggalan peradaban Medang.

Visi dan Tujuan

  • “Sustainable Medang heritage for human development ”
  • “ Pelestarian warisan peradaban Medang untuk pembangunan manusia ”

Tujuan akhir (gol) dari organisasi ini adalah meningkatkan kesadaran, pengertian dan kepedulian masyarakat untuk melestarikan warisan kebudayaan dan peninggalan peradaban Medang.

Terangkum di dalamnya adalah misi organisasi:

  • Mendorong pengkajian multidisipliner berbagai aspek warisan kebudayaan dan peninggalan peradaban Medang,
  • Menghimpun dan menyebarluaskan informasi bagi pemegang kebijakan, profesi dan pihak terkait dalam upaya perlindungan warisan kebudayaan dan peninggalan peradaban Medang,
  • Melakukan pendidikan dan penyuluhan bagi masyarakat dalam upaya pelestarian warisan kebudayaan dan peninggalan peradaban Medang.

Lingkup Kegiatan Masyarakat Pecinta Warisan Medang

  1. Mendukung dan melakukan kerjasama dalam pengkajian multidisipliner,
  2. Menghimpun dan menyebarluaskan informasi yang relevan bagi pihak terkait,
  3. Mengembangkan materi dan melakukan penyuluhan dan pendidikan bagi masyarakat umum,
  4. Melakukan dokumentasi dan membuat database benda benda peninggalan yang tersimpan di berbagai museum dan institusi,
  5. Menggerakkan potensi sumber daya dan kerjasama dalam upaya untuk membantu mengurangi perdagangan illegal peninggalan peradaban Medang ,
  6. Menyelenggarakan pertemuan imiah untuk tukar informasi, pendidikan dan advokasi,

 

Anggota Masyarakat Pecinta Warisan Medang

  • Akademisi, professional, peneliti dari berbagai bidang ilmu yang terkait, misalnya arkeologi, sejarah, bahasa, lingkungan, kebudayaan, sosiologi, arsitektur, teknologi, pertanian dan lain lain, dihimbau untuk bergabung.
  • Pecinta yang mempunyai minat, kepedulian dan keterikatan untuk melestarikan warisan dan peninggalan kebudayaan Medang.

Keanggotaan berdasarkan atas pernyataan, atas undangan dan/atau aplikasi. Masing masing anggota diharapkan bisa memberikan sumbangan dalam bentuk kegiatan yang dicakup dalam misi organisasi.
Organisasi

Kepengurusan himpunan Masyarakat Pecintai Warisan Medang terdiri dari

  • Dewan Penasehat :
    Memberikan masukan dan arahan kebijakan strategis organisasi bagi pengurus harian dan memperkenalkan misi organisasi (advocacy) ke pihak luar
  • Dewan Pakar
    Melakukan koordinasi pengkajian multidisipliner, publikasi, dan diwakili oleh ahli dari berbagai bidang ilmu terkait.
  • Pengurus Harian
    Menjalankan roda organisasi, menggalang sumber daya, menggalang komunikasi dan kerja sama dengan organisasi terkait

 

Catatan
Komentar dan saran bisa dikirimkan ke
bs2751950@yahoo.com atau bs2751950@gmail.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*