Candi Borobudur – Ancaman dan Upaya Pelestariannya

 

SANTOSO BUDIONOยทSUNDAY, 22 JANUARY 2017

Diskusi bulanan Masyarakat Pecinta Warisan Medang (Medang Heritage Society), hari Sabtu tanggal 21 Januari 2017 di Balai Konservasi Borobudur. Pertemuan dibuka oleh Bapak Marsis Sutopo selaku Kepala Balai dan menampilkan dua narasumber yakni, Bpk. Hari Setiawan SS, MT dan Ibu Ari Swastikawati, SS MA. Tema diskusi adalah Candi Borobudur – Ancaman dan Upaya Pelestariannya.

Peserta diskusi mendapat banyak sekali informasi mengenai marfah Candi Borobudur dan berbagai ancaman terhadap kelestarian bangunan kuno tersebut, baik ancaman yang datang dari alam, maupun ancaman yang datang dari manusia. Peserta sangat menghargai upaya upaya yang telah dilakukan oleh Balai Konservasi Borobudur dalam menjaga kelestarian Candi. Ada banyak hal penting yang perlu dicatat dari ancaman tersebut, tetapi dua hal perlu mendapat perhatian khusus . Pertama upaya promosi sebagai destinasi wisata kawasan Borobudur akan membawa dampak terhadap kelestarian kawasan maupun secara langsung terhadap bangunan candi itu sendiri. Beban kunjungan wisata perlu ditata kembali ke depan. Kedua, masalah vandalisme oleh para pengunjung perlu dicegah dan dikendalikan. Misalnya, banyak dijumpai vandalisme berupa penempelan permen karet di batu candi, yang kemudian akan bereaksi kimia dengan batu, dan meninggalkan bekas kecacadan yang tidak mudah dihilangkan.

Penulis berpandangan bentuk vandalisme ini perlu diberikan sangsi hukum yang tegas. Jangan sampai mahakarya arsitektur kolosal ini dirusak oleh vandalis, yang tidak mampu mengerti makna candi, yang dulunya dibangun untuk tujuan peribadatan. Peserta diskusi khususnya Masyarakat Pecinta Warisan Medang sangat menghargai segala upaya pelestarian yang telah dilakukan oleh Balai Konservasi, dan akan berusaha untuk ikut menyebarluaskan informasi ke masyarakat akan pentingnya upaya2 pelestarian.

 

Terima kasih tak terhingga untuk Bapak Marsis Sutopo dan segenap staf Balai Konservasi Borobudur yang telah menyediakan segala fasilitas untuk diskusi bulanan kali ini.

Salam damai dan sejahtera

Budiono Santoso SETROJOYO

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*